Kodim 1410 Bantaeng Siapkan Lahan Untuk Penanaman Pohon Mangrove

    Kodim 1410 Bantaeng Siapkan Lahan Untuk Penanaman Pohon Mangrove

    BANTAENG - Sebagai negara kepulauan, Indonesia merupakan salah satu negara dengan luas hutan mangrove terbesar di dunia. Hutan mangrove memiliki peranan penting dan manfaat yang banyak, baik langsung maupun tidak langsung bagi lingkungan sekitar khususnya bagi penduduk pesisir, (13/05/23)

    Menjelang pelaksanaan penanaman pohon mangrove secara serentak diwilayah Kodam XIV Hasanuddin, Kodim 1410 Bantaeng melaksanakan penyiapan lahan untuk penanaman pohon bakau Dusun Bombong Desa Biangkeke, Kecamatan Pajukukang, Kabupaten Bantaeng, yang akan berlangsung pada tanggal 15 Mei 2023.

    Kegiatan persiapan lahan penanaman pohon bakau Kodim 1410 Bantaeng bekerjasama dengan Dinas Lingkungan hidup Kabupaten Bantaeng (Nasir Awing) dan Komunitas peduli sungai Kabupaten Bantaeng (Muh. Sukri) yang menyiapkan bibit pohon bakau siap tanam. Dalam kegiatan penyiapan lahan tersebut dipimpin oleh Pasi Ter Kodim 1410 Kapten Inf Sultan.

    Dandim 1410 Bantaeng mengatakan, pohon bakau memiliki banyak manfaat bagi manusia diantaranya, menjaga garis pantai agar tetap stabil, melindungi pantai dan tebing sungai dari kerusakan, seperti erosi atau abrasi, menahan atau menyerap tiupan angin kencang dari laut ke darat pada malam hari, sebagai kawasan penyangga atau penyaring rembesan air laut ke darat, daun tanaman berfungsi sebagai penyerap karbondioksida. Kesemuanya itu adalah keuntungan yang akan didapatkan bila kita semua mau peduli dan memelihara lingkungan.

    "Kegiatan penanaman pohon bakau mampu menggerakkan hati masyarakat untuk melestarikannya, mengingat kehadiran vegerasi Hutan Mangrove ini sangat besar artinya bagi keselamatan lingkungan dan kegiatan bersama tersebut dapat berulang kembali pada event kesempatan berikutnya", Pungkas Dandim 1410 Bantaeng.(***)

    bantaeng sulsel
    Ryawan Saiyed

    Ryawan Saiyed

    Artikel Sebelumnya

    Jumat Curhat, Dandim 1410 dan Kapolres Bantaeng...

    Artikel Berikutnya

    Peduli, Polres Bantaeng Bagikan Ratusan...

    Berita terkait

    Rekomendasi berita

    Mengenal Lebih Dekat Koperasi
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Irjen TNI Buka Perlombaan Cyber Strike dan Cyber Awareness Forum
    DPR Setujui Herindra Jadi Kepala BIN, Perkuat Sinergi Intelijen dan Pertahanan
    Ungkap 149.400 Ekor BBL, Polda Lampung Selamatkan Kerugian Negara Rp37,3 M

    Tags